7 jenis pipa scaffolding paling banyak digunakan

7 Jenis Pipa Scaffolding paling Banyak Digunakan

7 Jenis Pipa Scaffolding

7 jenis pipa scaffolding, pipa scaffolding atau perancah adalah suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya.

Fungsi perancah sendiri yaitu sebagai alat pendukung untuk bekerja yang aman bagi para pekerja sehingga keselamatan pekerja akan lebih terjamin. Fungsi lainnya yaitu pelindung bagi pekerja yang ada dibawahnya ketika ada sesuatu barang berat atau yang lainnya jatuh dari atas.

7 Jenis Pipa Scaffolding Yang Banyak Digunakan

7 jenis pipa scaffolding

Tipe Dasar Pipa Scaffolding :

  • Support Scaffolds, adalah platform yang disangga oleh tiang, yang dilengkapi dengan pendukung lain seperti sambungan-sambungan, kerangka, dan outriggers.
  • Suspended Scaffolds, merupakan paltform yang tergantung dengan tali atau lainnya.
  • Aerial Lifts, adalah penopang untuk mengangkat seperti “Man Baskets” atau keranjang manusia.

Scaffolding sendiri memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda, berikut ini 7 jenis pipa scaffolding paling banyak digunakan :

1. Scaffolding / Perancah Besi Beroda

Scaffolding/Perancah besi beroda ini terbuat dari pipa galvanis. Perancah ini dapat dipasang di dalam ruangan ataupun di lapangan. Roda berfungsi untuk memudahkan perpindahan perancah. Setiap bagian-bagian perancah ini sudah terbentuk kusen sehingga pemasangan bisa dilakukan secara mudah.

2. Scaffolding / Perancah Besi tanpa Roda

Scaffolding/Perancah ini terdiri dari kumpulan kaki pipa berulir, kusen bangunan, penguat vertikal, tiang sandaran, sambungan pasak, papan panggung, tiang sandaran, penggung datar, penutup sandaran, penopang, konsol menyambung dan keluar, pinggiran tangga, dan lain-lain.

3. Scaffolding / Perancah Menggantung

Scaffolding/Perancah ini biasa digunakan untuk pekerja yang sedang memasang internit, finishing, pengecatan, plat beton, dan lain-lain. Perancah ini hanya digunakan untuk pekerjaan atas saja,  digantung dengan rantai besi atau tali.

4. Scaffolding / Perancah Frame

Terbuat dari pipa atau tabung logam. scaffolding/Perancah ini bisa disusun sedemikian rupa menjadi satu kesatuan hingga ketinggian tertentu jenis pipa scaffolding ini banyak digunakan untuk konstruksi.

5. Scaffolding / Perancah Dolken

Merupakan scaffolding/perancah yang berbahan kayu dolken. Kayu bulat atau dolken biasanya digunakan untuk tiang-tiang perancah dan ukuran yang biasanya digunakan adalah berdiameter 6 – 10 cm.

6. Suspended Scaffold

Suspended scaffold ditopang dari atas, tidak ada penyangga dari bawah, digunakan pada bukaan yang tinggi, panjang suspended scaffold tidak boleh lebih dari 6, digunakan terutama pada tempat di atas air dimana scaffolding tidak dapat dibangunan di atas tanah.

7. Mobile Scaffold

Mobile work platform Scaffolding digunakan untuk pekerjaan yang pindah dari satu tempat ke tempat lain, alasnya harus 2 kali lipat tingginya untuk  yang lebih tinggi lebih dari 3 m, tiang-tiangnya dipasang dengan roda.

Nah, dari penjelasan diatas tadi sudah bisa disimpulkan bahwa tiap spesifikasi dari scaffolding berbeda untuk penggunaannya. Seperti perancah menggantung termasuk jenis pipa scaffolding yang banyak digunakan untuk tahap finishing seperti mengecat sehingga pekerja lebih mudah dalam proses pengecatan yang tinggi, Mobile Scaffold untuk pengerjaan yang pindah dari satu tempat ke tempat lain. Jangan sampai salah dalam pemilihannya ya!

Griya Mandiri Konstruksi adalah supplier pipa scaffolding harga pabrik. Informasi pipa scaffolding harga pabrik terbaru dan pemesanan : 

CV. Griya Mandiri Konstruksi

Jl. Bantar Gebang Setu, Jl. Mede No.158, RT.001/RW.007, Padurenan, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17151. WhatsApp : +62 877-8808-9645 (GMK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *